BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM)

Sayembara Foto Investasi 2020 bukan gelaran pertama yang dilaksanakan oleh BKPM. Secara rutin, BKPM telah menyelenggarakan kegiatan ini pada tahun 2013 dan 2015. Lalu sayembara berlangsung tiap tahun yakni 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Konsistensi ini menunjukkan bagaimana BKPM ingin semakin dekat dengan masyarakat melalui karya-karya foto. Masyarakat semakin menyadari perkembangan investasi di Indonesia, sedangkan para investor semakin diyakinkan untuk menanamkan dananya ke Tanah Air. Inilah yang kami harapkan demi meningkatkan perekonomian nasional dan memperluas lapangan kerja.

BKPM sendiri merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, BKPM diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif.

Sasaran lembaga ini tidak hanya untuk meningkatkan investasi yang lebih besar dari dalam maupun luar negeri, namun juga untuk mendapatkan investasi berkualitas yang dapat menggerakkan perekonomian Indonesia dan menyerap banyak tenaga kerja.

Didirikan pada tahun 1973, BKPM bertugas untuk menggantikan fungsi yang sebelumnya dijalankan oleh Panitia Teknis Penanaman Modal, sebuah lembaga yang dibentuk pada tahun 1968. Dalam struktur organisasinya, BKPM dipimpin oleh seorang Kepala, sesuai dengan Peraturan Kepala BKPM No. 90 tahun 2007. Sejak bulan 23 Oktober 2019, BKPM dipimpin oleh Bahlil Lahadalia, S.E.