SAYEMBARA FOTO INVESTASI 2020
Peningkatan Kemudahan Berusaha demi Investasi Berkualitas

LATAR BELAKANG

Presiden Joko Widodo memiliki 5 (lima) program prioritas Presiden selama 5 (lima) tahun ke depan, yaitu:

  1. Pembangunan Sumber Daya Manusia. Kita ingin menciptakan generasi pekerja kerjas yang dinamis dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Pembangunan infrastruktur. Ini terus dilakukan untuk meningkatkan kemudahan akses segala kegiatan ekonomi sebagai bentuk dukungan Pemerintah terhadap pengembangan perekonomian itu sendiri.
  3. Penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi, yang sedang dirumuskan oleh Pemerintah, yaitu RUU Omnibus Law. Omnibus Law sendiri memiliki tujuan objektif, yaitu melakukan efisiensi berbagai perundang-undangan yang tersebar, tumpang tindih bahkan bertentangan, yang kemudian akan menjadi terintegrasi dan terkonsilidasi di dalam satu UU yang berbentuk Omnibus Law.
  4. Penyederhanaan birokrasi.
  5. Transformasi ekonomi. Indonesia bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa.

Mengutip Bapak Presiden, seluruh Menteri di Kabinet Indonesia Maju berada pada posisi speed yang tinggi karena kita memiliki target. Yang kita arah yang kita tuju, yaitu Indonesia Maju.
BKPM sendiri memiliki 6 (enam) KPI yaitu:

  1. Perbaikan Peringkat Kemudahan Berusaha (EoDB);
  2. Eksekusi Realisasi Investasi Besar;
  3. Mendorong Investasi Besar untuk Bermitra dengan UMKM;
  4. Penyebaran Investasi Berkualitas;
  5. Promosi Investasi Terfokus Berdasarkan Sektor dan Negara; dan
  6. Mendorong Peningkatan Investasi Dalam Negeri (PMDN) khususnya UMKM.

Realisasi investasi tahun 2019 adalah Rp809,6 T, mencapai 102,2% dari target realisasi investasi tahun 2019 sebesar Rp 792 T. Sepanjang tahun 2019, investasi telah menciptakan lapangan kerja untuk 1.033.835 orang. BKPM akan terus mengupayakan terealisasinya investasi yang berkualitas, yaitu investasi yang manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja.
Peningkatan realisasi investasi di luar Jawa yang signifikan merupakan hasil dari upaya Pemerintah yang tidak hanya berusaha mencari investor baru, namun juga melakukan pengawalan dan penyelesaian permasalahan atas investasi yang sudah ada sebelumnya, termasuk yang berlokasi di luar Jawa.

BKPM juga akan fokus dalam mewujudkan percepatan realisasi investasi, mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi investor, baik karena kendala perizinan, masalah pertanahan, maupun regulasi. Langkah nyata dilakukan melalui eksekusi proyek-proyek mangkrak adalah salah satu strategi BKPM untuk mencapai target realisasi investasi yang semakin besar pada tahun 2020 yaitu Rp886 T, dengan komposisi target realisasi sektor sekunder (manufaktur/hilirisasi) sebesar Rp246,3 T dan target sebaran investasi berkualitas di Luar Jawa sebesar 45,6%.

Selain itu, Indonesia kini akan hadir dengan wajahnya sebagai negara yang tengah melakukan transformasi ekonomi dan negara yang menarik untuk diajak kerjasama. Bagaimana Indonesia bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa, Indonesia yang futuristik namun tetap kaya akan budaya. Indonesia adalah bangsa yang dinamis yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Indonesia bukan hanya tentang alamnya yang indah dan sumber daya alamnya yang melimpah ruah, tetapi Indonesia adalah negara yang besar, perekonomian yang besar, pasar yang besar, dan kesempatan yang besar.

Untuk mendukung langkah-langkah peningkatan investasi di Indonesia tersebut, kami melakukan promosi investasi salah satunya melalui lomba foto investasi. Tema yang kami pilih adalah ‘Peningkatan Kemudahan Berusaha demi Investasi Berkualitas.’

 

TEMA

“Peningkatan Kemudahan Berusaha demi Investasi Berkualitas.”

KETENTUAN LOMBA FOTO

KATEGORI PESERTA:

OBYEK FOTO:

Obyek Foto Sesuai Tema dan Sub Tema:

PERIODE SAYEMBARA :

  • 23 Maret 2020 
  • 23 Maret - 31 Juli 2020
  • 1 Januari 2019 - 31 Juli 2020

: Pembukaan sayembara foto
: Periode pengiriman foto
: Periode pengambilan foto yang akan disayembarakan
: Pengumuman pemenang sayembara silahkan pantau website dan medsos BKPM.

KETENTUAN:

 

HADIAH LOMBA

KATEGORI UMUM

KATEGORI PROFESIONAL

PENYELENGGARA:

Badan Koordinasi Penanaman Modal
Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal
Direktorat Pameran dan Sarana Promosi
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 44, Jakarta 12190